Panduan Membuat Website Profesional Dengan Mudah

Membuat website merupakan sebuah pekerjaan yang kompleks, untuk membuat website yang biasa-biasa saja memang gampang dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, tetapi untuk membuat website berkualitas tinggi memerlukan pembelajaran, metode, dan kerja keras.



Ada banyak blog yang menawarkan cara membuat website, namun saya ingin unjuk gigi menawarkan kepada Anda pembelajaran tentang pembuatan website berkualitas dengan konsep saya sendiri. Jika Anda tertarik dengan pembelajaran saya, bagaimana membuat website berkualitas, tidak di pandang sebelah mata oleh netizen (pengguna internet).

1. Tentukan tujuan Anda membuat sebuah website


Kesalahan yang paling menjengkelkan adalah, tidak adanya tujuan dan strategi yang jelas di dalam membuat website. Pada intinya, kita harus bertanya kepada diri kita sendiri, apa tujuan kita membuat website?

Dengan adanya website, kita bisa mendapatkan apa saja, contohnya penghasilan, ketenaran dan kebanggaan kita sebagai seorang penyedia informasi dan turut mencerdaskan pengguna internet. Ini semua merupakan sebuah tujuan, jadi apa tujuan Anda membuat sebuah website?

2. Isi website Anda dengan konten berkualitas


Menurut banyak pakar, konten adalah raja. Jika demikian, Anda harus mengisi website Anda dengan konten berkualitas, yang ingin saya tanyakan, seperti apa konten berkualitas itu?

Saya banyak mendengar dan membaca tentang konten berkualitas, tetapi dari puluhan bahkan ratusan artikel yang menuliskan tentang konten berkualitas tidak memberi jawaban sesuai keinginan saya. Rata-rata mereka hanya menuliskan konten berkualitas dan sejenisnya.

Tetapi di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang konten berkualitas menurut opini saya. Konten berkualitas bukan hanya artikel panjang, pada prinsipnya konten berkualitas merupakan sebuah tulisan yang relevan, menarik, asli dan berguna yang bisa memecahkan suatu masalah dengan pemikiran dan editorial sang penulis.

Saya berikan contoh, misalnya Anda sedang menulis 'bagaimana ayam bertelur', maka Anda hanya perlu menuliskan fase-fase saat ayam hendak bertelur dan bagaimana hal itu terjadi, Anda tidak perlu menceritakan tentang ayam itu dari masa kecilnya.

3. Pilih nama website Anda (Domain)


Saat membuat website profesional, Anda perlu memikirkan hal yang satu ini, yaitu memilih nama domain yang sesuai dengan brand Anda.

Memilih domain hendaknya yang berkualitas, meliputi:
  • Terdapat kata kunci yang Anda target.
  • Bisa mewakili situs web Anda.
  • Singkat, padat dan jelas.
  • Tidak meniru nama website lain.

Dan masih banyak lagi, Anda bisa membaca pedoman memilih domain di tulisan saya tips memilih nama domain.

4. Membuat sebuah logo


Apakah hal ini penting? Ada dua kemungkinan, jika Anda ingin membuat website profesional, jelas hal ini mutlak harus di lakukan, lihat website-website besar, mereka memiliki sebuah loga yang bagus yang bisa memberi citra untuk website mereka.

Untuk membuat logo, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Photoshop, CorelDraw, dan lain sebagainya, atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi online yang bisa Anda cari di internet.

5. Buat tampilan yang bagus dan tetapi kompatibel di semua browser


Website yang bagus harus memiliki tampilan yang enak di pandang mata, fokuskan kepada pengunjung website Anda bukan hanya untuk mesin pencari saja. Banyak sekali tema yang tersebar di internet yang hanya di tujukan untuk mesin pencari (SEO Ready) tetapi kurang nyaman untuk pengguna. Maksud saya tampilan yang bagus, enak di lihat oleh pengguna, responsive dan kompatibel di berbagai browser, jangan sampai website Anda bagus di lihat di Chrome tetapi berantakan saat di lihat di UcBrowser.

Untuk membuat tampilan Anda bisa membuat sendiri (Kalau bisa) atau Anda bisa menggunakan tema orang lain. Untuk memilih tema Anda bisa membaca panduan memilih template yang baik dan berkualitas.

6. Ikuti aturan penulisan web


Saya sudah mengatakan, jika Anda ingin membangun website profesional, maka Anda harus membuat konten berkualitas. saat Anda menulis konten berkualitas, Anda harus mengacu pada aturan penulisan web yang baik, karena menulis di web berbeda dengan menulis di media cetak.

Penulisan di web juga harus mengikuti pedoman Kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar. Pengunjung akan berpikir setelah membaca tulisan Anda, jika tulisan di buat dengan bahasa yang ceroboh mungkin mereka akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

7. Mengikuti aturan SEO


Apa itu SEO? SEO adalah sebuah seni untuk menempatkan sebuah situs pada urutan tertinggi di dalam sebuah penelusuran berdasarkan kata kunci di mesin pencari. Banyak sekali tulisan-tulisan tentang SEO yang sudah di bagikan oleh ratusan webmaster di Indonesia, Anda bisa mencarinya di Google.

SEO, pada dasarnya di bagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah SEO onpage dan yang kedua adalah SEO offpage. Anda bisa membaca-baca ilmu tentang SEO di blog ini, meskipun saya rasa kurang spesifik.

8. Tambahan


Di dalam sebuah website yang besar, harus terdapat sebuah kontak dimana halaman kontak tersebut bisa digunakan oleh pengguna untuk menghubungi Anda. Selain kontak biasanya terdapat halaman lain seperti tentang, privasi, DMCA, disclaimer dan halaman-halaman lain yang di butuhkan.

Selain itu, karena ini sebuah tambahan maka mencakup berbagai hal. Untuk menunjang website Anda semakin besar, maka perlu membuat akun di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus, sekedar untuk promosi atau menginformasikan tentang pembaruan website Anda.

Entah bagaimana Anda membangun sebuah website ini hanya sebuah panduan dimana Anda membuatnya saya kembalikan lagi kepada Anda, apakah membuat di Blogger dengan kustom domain, atau menggunakan hosting sendiri dengan cms. Semua memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat situs website profesional sebagai sumber informasi, media promosi, berjualan dan lain-lain.

Saya akhiri tulisan tentang panduan membuat website profesional semoga bermanfaat dan berkesan bagi Anda. Jangan lupa ikuti blog ini untuk mendapatkan update terbaru seputar blog, terima kasih sudah berkunjung, salam.

Subscribe to receive free email updates: