Cara Riset Kata Kunci Tanpa Tool Yang Perlu Anda Tahu

Cara riset kata kunci begitu beragam, banyak sekali tutorial untuk riset kata kunci yang di target tersebar di hasil penelusuran Google. Tetapi sudahkah Anda tahu, cara riset kata kunci paling sederhana yang biasa saya lakukan? Kali ini saya ingin memberikan sebuah tips sederhana untuk mencari atau bahasa keren nya "Riset Keyword" dengan mudah tanpa tool.

Sedikit bercerita, saya seorang pemalas untuk pekerjaan yang namanya riset kata kunci, saya selalu menggunakan cara sederhana ini untuk riset kata kunci yang saya targetkan. Untuk Anda yang mungkin sama dengan saya, bisa menggunakan cara ini untuk riset kata kunci.

Lihat juga yang ini :


Melihat popular artikel milik orang lain


Cara riset kata kunci pertama tanpa tool adalah dengan mengintip popular posting milik orang lain. Loh kok bisa mas? Ya, logikanya sebagai artikel paling populer tentunya memiliki hasil pencarian yang begitu besar. Dengan memanfaatkan keadaan ini, Anda bisa men-target kata kunci yang sama dengan judul atau kata kunci pada tulisan tersebut.

Menurut pengalaman saya, kata kunci yang di dapat dari artikel terpopuler di sebuah situs, akan mendapatkan kunjungan yang cukup besar. Bahkan tulisan itu bisa menjadi populer juga di blog milik kita.

Tapi ingat meskipun kita menyontek hasil dari artikel orang lain, jangan pernah kita mengcopy tulisan tersebut. Menjiplak hasil karya orang lain termasuk hal yang merugikan, selain itu Anda bisa mendapat masalah.

Caranya gimana mas? Mudah, Anda tinggal mencari atau mengunjungi blog milik orang lain dan lihatlah artikel yang paling populer di blog tersebut.
cara riset kata kunci

Penelusuran yang terkait dengan kata kunci


Jika Anda sedang mencari sesuatu dengan mengetik sebuah kata di mesin pencari, entah di Google, Yahoo, Bing, ataupun mesin pencari lainnya, pasti terdapat penelusuran terkait kata kunci yang letaknya biasanya pada bagian paling bawah. Baiklah lihat contoh gambar di bawah ini.

riset kata kunci dengan penelusuran terkait
Dalam kasus ini, saya memberikan contoh sedang mencari sesuatu di Google dengan menuliskan "Kata Kunci". Penelusuran yang terkait dengan kata tersebut adalah contoh kata kunci, kata kunci gitar, kata kunci dalam abstrak, kata kunci Google, kata kunci sukses, pengertian kata kunci, contoh kata kunci dalam paragraf, dan kata kunci dalam puisi.

Kedelapan hasil penelusuran terkait dari kata kunci tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat artikel baru. Menurut pengalaman pribadi, riset kata kunci menggunakan hasil penelusuran terkait memiliki kunjungan yang lumayan, apalagi jika Anda mampu menempatkan artikel tersebut di Ranking 1 Google, istilah keren nya 'pejwan'.

Mari kita tes, kira-kira berapa banyak pengguna internet yang mencari kata-kata berdasarkan penelusuran terkait seperti contoh saya. Disini saya akan mencoba menggunakan Google Planner untuk melihat berapa banyak orang yang mencari kata kunci "Contoh kata kunci" setiap bulannya.

cara riset kata kunci

Wow lumayan, ada 90 orang yang mencari kata tersebut tiap bulannya, silahkan Anda coba sendiri ya.

Saran pencarian


Saat kita mencari sesuatu di kolom telusur mesin pencari, biasanya mereka memberikan saran pencarian. Perlu di ketahui, saran pencarian merupakan sebuah kata kunci yang biasa di cari pengguna di mesin pencari tersebut. Jadi Anda pun bisa menggunakan kata-kata saran pencarian untuk melakukan riset kata kunci tanpa tool ini.


cara riset kata kunci

Itulah beberapa cara riset kata kunci tanpa tool yang biasa saya lakukan, tetapi saran saya jangan meniru cara gendeng ini kecuali jika Anda terpaksa. Baiklah saya akhiri tulisan saya ini sampai jumpa di tulisan-tulisan saya mendatang.

Subscribe to receive free email updates: